Pages

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Senin, 23 November 2015


Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

yup buah jeruk merupakan buah yang sering kita jumpai hampir disetiap asar.  Di pinggir-pinggir jalan juga banyak yang menjual jeruk. Manfaat buah jeruk ini dapat digunakan untuk dikonsumsi secara langsung, menjadi campuran bahan makanan maupun untuk pengharum ruangan. Aroma jeruk yang menenangkan juga banyak dimanfaatkan untuk menjadi pengharum ruangan maupun aroma rileksasi.




Jeruk ini adalah sebuah tanaman yang termasuk dalam anggota marga citrus dan berasal dari suku rutaceae. Buah ini mempunyai rasa yang masam tetapi segar karena adanya kandungan asam sitrat di dalamnya. Buah ini berasal dari Asia Tenggara dan Asia Timur yang terus membentang dari Jepang sampai ke India bagian timur. Jenis jeruk yang berasal dari Asia Timur adalah jeruk manis dan lemon, sedangkan yang berasal dari Asia tenggara adalah jeruk nipis, jeruk purut dan jeruk bali. Ada banyak sekali manfaat buah jeruk yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Hampir semua bagian dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan oleh kita. Buah serta daunnya dapat digunakan untuk tambahan bahan penyedap atau juga untuk tambahan dalam membuat kue maupun puding. Buahnya sendiri menjadi sumber vitamin C bagi tubuh. Aroma yang khas dari buah jeruk ini juga dikarenakan adanya terpenoid dan beberapa flavonoid yang terkandung di dalamnya.

Kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram buah jeruk yang dapat menghasilkan energi sebesar 28,00 kalori adalah protein sebesar 0,50 gram, lemak 0,10 gram, karbohidrat sebesar 7,20 gram, kalsium sebesar 18,00 mili gram, fosfor sebesar 10,00 mili gram, serat 0,20 gram dan besi 0,10 mili gram. Selain itu terdapat pula vitamin A, B1, B2, Cdan niacin 0,03 gram.

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan kita, antara lain adalah:

• Mencegah kanker
Kandungan limonoid dalam jeruk dapat mencegah terjadinya kanker kulit, payudara, paru-paru, lambung dan usus besar.

• Mencegah terjadinya batu ginjal
Batu ginjal dapat kita hindari dengan mengkonsumsi jus jeruk setiap hari secara rutin, tetapi dengan porsi secukupnya saja karena di dalam jeruk terdapat kandungan gula yang tinggi.

• Menurunkan resiko terkena kanker hati
Sebuah penelitian di Jepang mengemukakan bahwa dengan rutin mengkonsumsi jeruk mandarin maka resiko terkena kanker hati dapat menurun. Hal ini karena adanya carotenoid yang terkandung dalam vitamin A yang ada di jeruk.

• Menurunkan kolesterol
Jeruk juga mengandung banyak serat sehingga dapat membantu kita dalam menurunkan kolesterol.

• Mencegah terjadinya kardiak aritmia
Kardiak aritmia adalah detak jantuk yang tidak teratur dalam berdetak. Hal ini dapat dicegah dengan kandungan kalium yang terdapat pada jeruk karena kalium berfungsi untuk mengontrol detak jantung seseorang agar selalu seimbang.

• Menangkal serangan penyakit
Kandungan vitamin c yang terdapat dalam buah ini dapat menangkal radikal bebas yang akan masuk dalam tubuh.

• Menyehatkan mata
Kandungan caritenoid salm jeruk ini akan diubah menjadi vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata.

Selain manfaat di atas terdapat juga manfaat buah jeruk untuk kecantikan, manfaat tersebut antara lain adalah:

• Menghaluskan kulit dengan air jeruk nipis yang diteteskan di kapas yang basah.
• Mengecilkan pori-pori kulit dengan air rendaman kulit jeruk yang direndam dengan air hangat.
• Membersihkan kulit yang kusam dengan potongan buah jeruk.
• Merawat kulit yang berminyak dengan potongan jeruk yang dimasukkan ke dalam kain tipis.
• Menghaluskan tangan dan kaki dengan kulit jeruk.

Itulah manfaat buah jeruk untuk kesehatan dan kecantikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua.! Anda juga bisa melihat informasi kesehatan lainnya seperti manfaat buah naga dan Manfaat kulit Manggis yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. KEDAI MOH.
Design by Herdiansyah Hamzah - Distributed By Blogger Templates
Creative Commons License