Pages

Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Dhuha

Sabtu, 21 November 2015


Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Dhuha 


 

Keutamaan dan keistimewaan Shalat Dhuha yang merupakan sunnah dari Nabi Muhammad SAW ternyata sangat banyak, dan mungkin justru karena banyaknya keutamaan dari shalat Dhuha itulah Nabi Muhammad menyarankan semua ummatnya untuk melakukan shalat dengan rakaat genap ini di saat kita mampu. Dan hal ini juga memiliki dasar hukum yang shahih, yaitu sebuah hadits mengenainya. Apa saja kelebihan dan keistimewaan dari shalat Dhuha sehingga kita akan lebih baik melakukannya? Mari sama-sama kita bahas mengenai hal tersebut.
Hadist Shahih yang Menjelaskan Tentang Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Dhuha
Segala hal yang kita lakukan harus sesuai hadist atau Al-Qur’an agar tidak menjadi bid’ah, dan ternyata ada hadits shahih mengenai shalat Dhuha yang bisa dijadikan pegangan sehingga kita tidak dianggap melakukan sebuah hal yang dinilai bid’ah. Hadist ini merupakan hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, yaitu hadist nomor 1176 dan berasal dari Aisyah radhiallah. Aisyah berkata bahwa ia sering melihat Nabi Muhammad SAW melakukan shalat Dhuha dengan jumlah rakaat sebanyak empat, dan kadang-kadang ditambah sesuai keinginan beliau.
Hal-Hal Berikut Ini Adalah Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Dhuha
Setelah kita mengetahui tentang keshahihan hadits yang membahas tentang sunnah shalat Dhuha, kita kini akan membahas tentang keutamaan yang didapat ketika melakukan shalat Dhuha. Ternyata, ada banyak sekali keutamaan yang akan kita terima ketika shalat Dhuha kita lakukan, dan hal-hal tersebut adalah:
• Mengeluarkan Sedekah Tiap Sendi
Hal mengenai sedekah tiap sendi yang ada pada badan kita tertulis pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, yaitu hadits nomor 1181 yang diriwayatkan dari Abu Dzar radhiallah. Pada hadist tersebut, diceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda mengenai keutamaan dan keistimewaan shalat Dhuha yang pertama, yaitu menggantikan sedekah setiap persendian kita. Dengan shalat dua rakaat di waktu Dhuha, maka kita telah memenuhi kewajiban setiap sendi kita untuk mengucap tahmid, tasbih, tahlil, dan takbir.
• Memiliki Pahala yang Amat Banyak
Pembicaraan mengenai kelebihan dari shalat yang dilakukan ketika waktu Dhuha tiba muncul dari hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah. Hadits tersebut berkata bahwa Nabi Muhammad menganjurkan Abu Hurairah dan Abu Darda untuk tidak pernah meninggalkan 3 hal selama hidup, dan salah satunya adalah shalat Dhuha. Hal ini bisa berarti bahwa pahala shalat Dhuha amat banyak sehingga disarankan untuk tidak ditinggalkan.
• Mendapatkan Perlindungan Dari Allah SWT
Khasiat shalat Dhuha yang lainnya adalah dari hadist riwayat Tirmidzi, hadist no 437 yang kemudian dishahihkan oleh Al-Albany. Hadist tersebut merupakan sebuah hadits shahih yang disampaikan lewat Abu Darda dan Abu Dzar dari Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad bersabda bahwa Allah berjanji akan melindungi mereka yang melakukan shalat Dhuha hingga akhir hayat mereka.
• Pahala yang Bagaikan Pahala Orang Berhaji Secara Sempurna
Lewat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Trimidzi dan dinilai sebagai hadist yang hasan, Anas bin Malik berkata bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda tentang mereka yang berdoa lalu melakukan shalat dua rakaat ketika waktu Dhuha tiba, maka akan diberikan pahala haji serta pahala umrah yang sesempurna mungkin.
Mulai sekarang mari kita menjalankan anjuran dari nabi Muhammad SAW untuk melakukan shalat Dhuha setelah mengetahui bahwa ternyata ada banyak keutamaan dan keistimewaan shalat Dhuha yang bisa kita peroleh.
 

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. KEDAI MOH.
Design by Herdiansyah Hamzah - Distributed By Blogger Templates
Creative Commons License