Pages

Cara Membuat Kerajinan dari Kain Flanel

Selasa, 24 November 2015

Cara Membuat Kerajinan dari Kain Flanel


Melanjutkan postingan mengenai kerajinan tangan dari kain flanel, kali ini kami berikan tips seputar Cara Membuat Kerajinan Flanel Berbagai Bentuk yang tentunya bisa diaplikasikan dan dibuat sendiri di rumah masing-masing. Dengan bahan sederhana dan mudah didapat, kerajinan tangan yang satu ini sangat pas dikerjakan oleh kaum wanita dan ibu rumah tangga.
Kain flanel yang memiliki tekstur lembut dan hangat sebetulnya bisa dengan mudah dibuat menjadi berbagai bentuk kerajinan yang memiliki nilai jual. Dengan kreativitas yang dimiliki, kita bisa saja membuat barang-barang yang biasa ditemui di rumah tangga dengan menggunakan bahan dasar kain flanel ini. Beberapa ide kreasi yang bisa anda buat menggunakan kain flanel diantaranya :
– dompet
– figura photo
– gantungan kunci
– box tissue
– boneka
– hiasan kotak pensil
– pin
– bandana
dan aksesoris lainnya

Berkreasi dengan Kain Flanel

Dengan banyaknya ide untuk membuat kreasi dari bahan kain flanel ini, kita bisa membuat berbagai macam kerajinan tangan yang cukup mudah untuk dibuat. Selain itu, dalam membuatnya pun tidak diperlukan banyak alat produksi yang berharga mahal, cukup dengan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemui bahkan oleh ibu rumah tangga sekalipun. Untuk membuat kerajinan kain flanel, pada umumnya anda membutuhkan bahan-bahan berikut ini :
– Kain flanel
– Pola
– Jarum jahit
– Kapas/dakron (untuk isian)
– Gunting
– Lem (tembak dan serbaguna)
– Bahan pelengkap lainnya
Untuk membuat kerajinan kain flanel ini, perlu diketahui juga mengenai jenis sulaman yang akan digunakan. Karena rata-rata ukuran kerajinan dari kain flanel ini berukuran kecil, jadi sebagian besar jahitan digunakan menggunakan tangan meskipun bisa juga menggunakan mesin jahit jika memungkinkan. Beberapa jenis sulaman atau tusukan jahitan yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan kain flanel ini diantaranya tusuk feston, tusuk pipih, tusuk tikam jejak, tusuk rantai terbuka dan tusuk jeruji. Lalu bagaimana Cara Membuat Kerajinan Kain Flanel Berbagai Bentuk ini, kami berikan contohnya berikut dibawah ini.

Contoh Kerajinan Tangan Kain Flanel

Gantungan Kunci Kodok
Langkah-langkah membuat gantungan kunci dari kain flanel :
1. Terlebih dahulu buat pola dari kertas sebagai dasar untuk kreasi kain flanel anda.
2. Tempelkan kain flanel pada pola dan gunting kain sesuai pola yang telah dibuat.
3. Selanjutnya pasang aksesoris tambahan berupa mata dan mulut pada bagian muka. Gunakan lem yang cepat kering untuk memasangkan bagian mata tersebut. Untuk mulutnya, anda bisa menggunakan jahitan dengan jenis tusuk tikam jejak agar hasilnya terlihat lebih mulus.

4. Berikutnya satukan kedua bagian (muka dan belakang) lalu jahit dengan menggunanak tusuk festoon. Jangan lupa untuk menyisakkan sedikit ruang untuk memasukkan isian pada kreasi tangan anda. Setelah cukup terisi anda bisa menutup seluruh bagian jahitan yang tadi dibuat.
5. Karena anda membuat sebuah gantungan kunci, jangan lupa untuk menambahkan gantungan di bagian atas kerajinan kain flanel anda.
6. Untuk sentuhan akhir anda bisa menambahkan mimik  merah pada bagian muka dengan kain flanel berbentuk bulat.
Itulah beberapa tips dan Cara Membuat Kerajinan Kain Flanel Berbagai Bentuk untuk edisi kali ini. Semoga bermanfaat dan tunggu update selanjutnya.

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. KEDAI MOH.
Design by Herdiansyah Hamzah - Distributed By Blogger Templates
Creative Commons License